Sublime Text 3 - Installasi Editor Programming

Sublime Text - Pada posting kali ini saya akan memperkenalkan sebuah editor yang sangat cocok untuk kalangan Programmer atau developer untuk pemula atau yang sudah expert. Untuk seorang programmer editor sangatlah penting agar mempermudah dalam hal per-coding-an, untuk saya sendiri editor yang paling saya suka adalah Sublime Text. Sebagai pemula seperti saya editor ini adalah yang terbaik.

Kenapa saya memilih Sublime Text ?

Menurut saya, editor ini sangat keren dalam hal apapun dan sangat mendukung bagi saya karena terlalu banyak fitur yang sangat membantu. Diantaranya adalah AutoComplete dan terlebih lagi Sublime Text cocok untuk apapun bahasa pemrograman ditambah lagi dengan tema tampilan yang sangat beragam. Dan yang paling penting adalah Sublime Text adalah editor yang paling ringan menurut saya. Untuk mencobanya silahkan install dan rasakan kelebihannya :

Langkah install Sublime Text :

1. Download Sublime Text di webpage resminya :
https://www.sublimetext.com/3
 Pilih sesuai dengan Sistem Operasi yang anda gunakan.

2. Setelah anda siap download. Kemudian Install, jika anda menggunakan Windows silahkan install seperti biasa. Namun jika anda menggunakan Linux seperti saya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka terminal/console di Linux anda kemudian masuk kedalam direktori tempat anda menyimpan file Sublime yang anda download. Lihat seperti di gambar dibawah ini :
Setelah itu terlihat pada direktori Desktop terdapat file sublime.

  •  Kemudian Install seperti cara pada gambar dibawah ini :
Jika sudah selesai buka aplikasi Sublime anda di Applications >> Programming >> Sublime Text 3
Dikarenakan Sublime adalah berbayar maka Sublime yang anda gunakan akan tertulis UNREGISTERED. Untuk Registrasi gunakan License Code.

  • Download Licence Code disini.
  • Kemudian masukkan License Code pada Sublime untuk Registrasi pada Menu Help > Enter License
  •  Jika sudah masukkan License Code yang sudah di download. Dan klik di Use License.


  • Jika tampil seperti pada gambar dibawah ini, berarti Registrasi anda success. Dan pada tahap ini anda sudah siap menggunakannya


Ini contoh percodingan saya menggunakan SublimeText:


Silahkan bercoding ria. Saya rasa cukup untuk kali ini. Untuk cara menginstall package baru dan package yang harus untuk seorang programmer di Sublime akan saya lanjutkan pada post berikutnya.


Comments