Dasar Java : Komentar, Statement & Block dan Java Identifier

Sesuai Janji saya pada post kali ini kita akan membahas tentang Komentar, statement dan Identifier dalam bahasa Java serta bagaimana cara menggunakannya.

Komentar pada Java

Sedikit review, komentar adalah catatan yang ditulis pada kode dengan tujuan sebagai bahan dokumentasi saja dan teks pada komentar tidak akan mempengaruhi jalannya program. Pada java mendukung 3 jenis Komentar diataranya adalah sebagai berikut :

Komentar Pada C++ Style

Komentar C++ Style diawali dengan //. semua teks setelah // diaggap sebagai komentar. Sebagai contoh liat pada gambar di bawah ini:


Komentar Pada C-Style
Komentar C-Style atau juga disebut komentar beberapa baris di awali dengan /* dan di akhjiri dengan */. Jadi semua teks antara dua tanda tersebut dianggap sebagai komentar. Tidak seperti komentar C++, pada komentar C dapat menjangkau beberapa baris. Contohnya adalah seperti pada gambar dibawah ini :


Komentar Khusus Java-Doc

Komentar ini digunakan untuk men-generate dokumen html untuk program java anda. Anda dapat menciptakan komentar javadoc dengan memulai baris dengan /** dam mengakhiri dengan */. Sama seperti komentar C-Style, ini juga dapat menjangkau bebarapa baris. Namun komentar ini juga dapat terdiri atas tag-tag untuk menambahkan lebih banyak informasi khusus pada komentar anda. Sebagai Contoh :



Selain Komentar pada kali ini akan membahas tentang Statement/Pernyataan dan Block dalam Kode Program Java.

Statement/Pernyataan dalam Java dan Block

Statement atau Pernyataan adalah satu atau lebih baris kode yang diakhiri dengan semicolon
 sedangkan block adalah satu atau lebih pernyataan yang terbentang antara kurung kerawal buka dan tutup.

Java Identifier

Java identifier adalah suatu tanda yang mewakili nama variabel, method, class dsb.
Contoh dari peng-identifikas adalah : Hello, main, System, out.
Pendeklarasian Java adalah case-sensitive. Hal ini bisa dibedakan bahwa Hello tidak akan pernah sama dengan hello.

Syarat pengidentifikasi dalam java adalah :

1. Identifier harus dimulai dengan huruf, jadi tidak boleh menggunakan angka. Disini huruf dapat menggunakan huruf kecil maupun huruf besar tapi saat di identifikasi akan case-sensitive. Saya berharap anda paham maksudnya.

2. Selain dimulai dengan huruf, identifier juga bisa menggunakan symbol, tapi hanya simbol underscore "_" dan dollars sign "$" dan pada selanjutnya bisa berupa huruf atau angka.

Disini saya memberi sedikit pedoman dalam penulisan program :

1. Untuk pemberian nama class java, diwajibkan menggunakan huruf kapital pada huruf pertama. Mungkin anda sudah mengerti yang mana class.

2. Untuk nama method dan variable huruf pertama dari kata harus dimulai dengan huruf kecil.
3. Pada kasus pengidentifikasi lebih dari satu kata, menggunakan huruf kapital utntuk identifikasi awal dari kata kecuali kata pertama, sebagai contoh : charArray, fileNumber, ClassName


Sudah jelaskan, bahwa memang benar bahwa java sedikit ribet, makanya saya memberi pemahaman hal yang mendasar terlebih dahulu agar jika menjadi seorang programmer dari pemula untuk menjadi lebih paham tentang seluk beluk dan rumit susah Pemograman Java. Tapi kalau sudah paham itu tidak lagi jadi masalah dan anda akan terbiasa dan menganggap itu bukan sebuah problema lagi.

Kenapa dalam pengidentifikasi tidak bisa sembarang?
Itu karena dalam Java terdapat berbagai Keyword, sehingga saat melakukan pengidentifikasi kita tidak dapat menggunakan kata kunci dalam java, berikut Keyword atau kata-kata kunci jalam Java.

Keyword Dalam Java:
Keyword adalah pengidentifikasi yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya oleh Java (udah dari sana nya) untuk tujuan tertentu. Jadi keyword tidak dapat digunakan sebagai nama variable, class, method. Berikut ini adalah daftar Java Keyword :



Cukup ini saya rasa, panjang pembahasan kali ini. Saya sangat berharap anda untuk memahami dengan benar. Dasar kok ribet amat ya? Mungkin itu terpikirkan dari kita, tapi saya sarankan saat anda berpikir begitu jangan menyerah. Saat anda mengetahui dasar kedepannya akan terasa lebih mudah. Thanks :D Keep Coding :D

Comments