Belajar Web : Mengenal HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa untuk menampilkan konten di web. HTML merupakan bahasa pemograman yang bebas, artinya sebuah bahasa yang dapat dikembangkan bersama-sama secara Global.

Sebuah dokumen HTML sendiri adalah dokumen tesk yang dapat di edit oleh editor tesk apapun dan dokumen HTML punya beberapa elemen yang dikelilingin oleh Tags-Text yang dimulai dengan simbol < dan berakhir dengan simbol >. Jadi editornya bisa menggunakan notepad++ ataupun bisa dengan software PHP Coder dan XAMPP yang digunakan untuk Web servernya dengan Bahasa Pemrograman PHP.
Download : Software PHP Coder  dan XAMPP. Untuk Cara Install XAMPP silahkan kunjungi Post ini.

Struktur Dasar HTML

             
  • Tag HTML secara default dimulai dari <HTML> dan di akhiri dengan </HTML>
  • Tag <head> .... </head> merupakan tag kepala sebelum badan dan yang akan terlebih dahulu dieksekusi. Di dalam tag ini berisi tag <meta> dan <title>. Tag <meta> merupakan informasi atau header suatu dokumen HTML. Atribut yang dimiliki oleh tag ini antara lain :
  •  HTTP_EQUIV, atribut ini berfungsi untuk menampilkan dokumen HTML secara otomatis dalam jangka waktju tertentu.
  • CONTENT, atribut ini berisi informasi tentang isi document HTML yang akan dipanggil.
  • NAME, atribut ini merupakan identifikasi dari meta tag. Ingat!! Tag <META> dalam suatu document bisa ada maupun tidak.
  • Tag <title> .... </title> adalah tag judul. Sebaiknya setiap halaman web memiliki judul, dan judul tersebut dituliskan di dalam <title>...</title>. Judul ini akan muncul dalam titlebar dari browser.
  • Tag <body>....</body>, yaitu tag yang berisi  content dari suatu halaman web.
Contoh penggunaan Script Html :
buatlah sebuah dokumen dengan PHP coder seperti pada gambar dibawah.
         
 Kemudian simpan file tersebut kedalam direktori web server anda, jika anda menggunakan XAMPP simpan dalam direktori c:\XAMPP\htdocs . Buatlah folder baru untuk menyimpan file di dalam folder htdocs. Simpan nama dengan contoh.php misalya. Dan ingat, pada saat penyimpanan harus menggunakan ekstensi ".php".

Untuk melihat hasil dari file di atas dpat menggunakan browser Firefox, google Chrome atau yang lain Ketikkan pada address bar "Localhost\Nama Folder Penyimpanan\", kemudian pilih file contoh01.php. Lihat gambar:



Hasilnya : 
                 
 Contoh02.php
       
Hasil :
                           

Contoh Script Pembuatan Tabel 



Hasil :
 


Nah, cukup sampai disini tentang pengenalan HTML. Semoga posting ini bermanfaat buat teman-teman yang ingin belajar pemrograman web. Silahkan tunggu sambungan berikutnya.





 

Comments