Cara Install XAMPP Web Server di Windows

Pada kesempatan ini kita akan belajar tentang cara install XAMPP di Windows, jadi untuk menjalankan script PHP dibutuhkan server Apache, dan pada umumnya developer PHP menggunakan MySql sebagai Database. Jadi sangatlah repot jika harus menginstall satu-satu, karena belum termasuk software pengelola database Mysql seperti phpMyAdmin. Jadi guna mengurangi masalah tersebut kita menggunakan XAMPP yang merupakan suatu paket server yang tergolongkan sangat lengkap.

Pengertian XAMPP 

XAMPP adalah singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), Mysql (M), PHP (P) dan Perl (P). XAMPP dibuat selengkap itu bertujuan untuk memudahkan bagi para developer untuk membuat Web Server Lokal untuk tujuan pengujian. XAMPP menyediakan semua yang kita butuhkan untuk membuat sebuah web server ~ aplikasi server (Apache), database (MySQL) dan bahasa scripting (PHP). XAMPP disebut sebagai Cross-Platform karena bisa bekerja sama dengan baik di Unix, Mac dan Windows.

Cara Install XAMMP di Windows :
 Sebelum anda menginstallnya download terlebih dahulu XAMPP Software disini. Kemudian ikuti langkah dibawah ini :

Langkah 1 : disable atau non-aktifkan anti-virus anda, karena dapat menyebabkan beberapa kompenen XAMPP tidak bisa di Install dengan lancar.

Langkah 2  : Anda akan meliht pop up peringatan tentang User Account (UAC) yang aktif pada sistem seperti pada gambar dibawah. Klik "OK" untuk melanjutkan installasi.
          

Langkah 3 : Memulai proses installasi. Klik 'Next'
Klik Next
Langkah 4 : Disini kita dapat memilih komponen yang ingin kita install. Klik Next maka akan otomatis terpilih komponen secara default.             
                         
 Langkah 5 : Pilihlah folder sebagai direktori XAMPP akan diinstall, pada folder ini akan menampun semua file aplikasi web kita. Klik Next saja agar default dan lebih mudah seperti pada gambar dibawah.
                             
 Langkah 6 : Pada layar berikutnya adalah promo untuk BitNami, Hapus saja centah 'Learn More about BitNami for XAMPP'. dan langsung next.
                            
Langkah 7 : Kemudian Next lagi untuk memulai menginstal. Tunggu installer untuk membongkar semua paketnya dan memasang semua paket yang telah dipilih. Setelah selesai klik finish untuk menyelesaikan installasi.

               

 Cara Menggunakan XAMPP Control Panel
Control Panel ini memberika kita kontrol penuh atas semua komponen yang telah diinstall tadi. Jadi saat ini kita hanya perlu tahu bagaimana untuk memulai dan menghentikan server apache. Berikut adalah gambaran singkat dari XAMPP Control Panel.


Keterangan :
  • Nomor 1 adalah tempat Log semua aktifitas
  • Nomor 2 adala alat untuk control Module XAMPP
  • Nomor 3 adalah untuk menampilkan service yang berjalan di belakang layar.
  • Nomor 4 adalah untuk membuka Explorer
  • Nomor 5 adalah untuk membuka Unix Shell
  • Nomor 6 adalah untuk menampilkan semua proses server.
  • Nomor 7 adalah untuk membuka panel konfigurasi. 
Pengujian Hasil Install XAMPP :
Untuk menguji installasi XAMPP dengan meluncurkan Web Server Apache dan membuat File PHP sederhana.

Langkah 1 : Buka Control Panel XAMPP, klik start dibawah tulisan 'Actions' untuk modul apache.
Langkah 2 : Buka browser web dan ketik http://localhost atau 127.0.0.1
Langkah 3 : Pilih bahasa anda dari splash screen.
Tampilan XAMPP
Langkah 4 : Jika terlihat seperti pada gambar dibawah, ini berarti kita telah berhasil menginstall XAMPP.


Langkah 5 : Sekarang kita akan menguki apakah dokumen PHP di XAMPP telah terinstall dengan baik. Buatlah sebuah dokumen di notepad atau PHP Coder seperti pada gambar di bawah :
    

Simpan file ini sebagai test.php di direktori c:\xampp\htdocs . Setelah itu ketik http://localhost/test.php maka akan menampilkan pesan seperti pada gambar dibawah:




     



Selamat! Sekarang kita telah berhasil menginstall XAMPP dan bahkan kita juga menulis program PHP pertama. Itulah tutorial Cara Install XAMPP Web Servers di Windows. Jika ada hal yang ingin ditanyakan atau hal lain yang berkaitan dengan diatas, silahkan komen pada kolom komentar di bawah.

Comments