Belajar Web : Mengenal PHP

Step by step dalam belajar web programming, setelah sebelumnya kita telah mengenal HTML jadi pada kali ini saya akan berbagi step selanjutnya yaitu mengenal PHP.

PHP atau PHP Hypertext Preprocessor adalah sebuah bahasa pemrograman web berbasis server (server-side) yang mampu mem-parsing kode php dari kode web dengan ekstensi .php, sehingga menghasilkan tempilan website yang dinamis disisi client (browser).

Jadi, fungsi PHP adalah kita bisa menjadikan halaman HTML menjadi lebih powerfull dan bisa dipakai sebagai pelengkap aplikasi seperti beragam aplikasi Cloud Computing. Apa itu Cloud Computing? akan saya bahas pada post selanjutnya.

Pada PHP tidak seperti dengan HTML biasa, kode PHP tidak akan diberikan oleh server secara langsung ketika ada permintaan dari browser/client, akan tetapi melalui pemrosesan dari server makanya PHP disebut dengan Script server side. Kode PHP dimasukkan dalam kode HTML dengan cara menyelipkan kedalam kode HTML. Jadi kode PHP yang ada ditengah kode HTML akan di proses mesin yang disebut PHP Parser. Sehingga akan langsung melewatkan kode HTML dan hanya mengolah isi kode PHP.

Dengan ada nya kode PHP, sebuah halaman web bisa melakukan banyak halaman dinamis seperti mengakses database, gambar, membaca dan menulis file. Dan hasil akhir pengolahan kode PHP akan dikembalikan lagi dalam bentuk kode HTML untuk ditampilkan di browser. Pada PHP ada 4 jenis tag antara lain :

  • Tag Standar : <? Php di pembuka dan ?> di penutup.
  • Tag Pendek : <? di pembuka dan ?> di penutup
  • Tag ASP      : <% di pembuka dan %> di penutup
  • Tag Script   : <script language ="php"> di pembuka dan </script di penutup.
 Mari kita mencoba membuat script php dan menjalankan dengan server XAMPP kita .Seperti pada gambar dibawah ini :
          

dan  hasilnya :
                    

Jadi pada kali ini saya terangkan, bahwa kita ini mencoba mengenal terlebih dahulu bukan untuk belajar terperinci tentang PHP. Untuk belajar PHP akan kita bahas kedepannya, sekarang saya menjelaskan dan memperkenalkan dengan singkat dulu apa saja yang kita butuh untuk memulai web programming.



Comments