C++ : Cara Penggunaan & Pembuatan Array Pada Bahasa C/C++

ARRAY - biasanya disebut larik atau terkadang disebut dengan deret. Namun dalam pemrograman, Array adalah kumpulan dari nilai-nilai data yang bertipe sama dalam urutan/deretan tertentu yang menggunakan sebuah nama. Jadi pada kali ini saya ingin menjelaskan atau memberi sedikit pemahaman agar lebih mudah mengerti untuk menggunakan Array.

Pada dasarnya array bisa berupa array berdimensi satu, dua, tiga atau lebih. Namun pada dasar itu sama, yang membedakan itu tergantung dalam pemakaiannya padahal didalamnya juga sebuah data yang di index-an. Disini kita mengambil contoh langsung pada Array berdimensi 3 karena jika ini dapat mengerti dengan mudah, untuk yang berdimensi satu atau dua akan mudah juga. Karena pada perbedaannya sangat logika, jika array satu dimensi terdiri dari 1 index dalam pendeklarasian sedangkan pada array dimensi dua terdapat 2 index. Begitu juga dengan dimensi 3 berarti terdiri dari 3 index. Dalam pembuatan atau penggunaan Array ada 3 tahap penting :

Tahap 1 : Mendeklarasikan Array
Lihat gambar dibawah ini yaitu Bentuk Umum pendeklarasian Array :

Keterangan :

  1. Type-Data : Untuk menentukan Type data yang digunakan seperti integer, float, atau string.
  2. Nama_Variabel : Untuk menentukan nama Array.
  3. Index-1     : Untuk menyatakan jumlah baris.
  4. Index-2     : Untuk menyatakan Jumlah isi dari baris
  5. Index-3     : Untuk menyatakan jumlah kolom.
Untuk mempermudah logika anda, lihat contoh pendeklarasian array yang mana disini kita menggunakan untuk pengolahan data penjualan. Lihat tabel pada gambar berikut :

Contoh Tabel Penjualan
Jadi jika kita lihat dari tabel diatas maka dapat kita buat pendeklarasiannya seperti berikut :

Cara Pendeklarasian

Tahap 2 : Meng-inisialisasikan Array
Yang dimaksud inisialisasi adalah memberi nilai awal terhadap suatu varialbel. Cara umumnya seperti berikut :
Cara umum untuk Penginisialisasi Array

Tahap 3 : Mengakses Array

Mengakses array adalah tujuannya untuk mengakses data atau elemen yang ada pada array tersebut untuk digunakan baik itu untuk di outputkan atau lainnya. Untuk mengakses array dapat menggunakan index. Bentuk umum cara mengakses array adalah seperti berikut :
Contohnya :
Contoh Pengaksesan Array

cara melihat index tehadap elemen array adalah seperti pada gambar dibawah ini :
Metode melihat index elemen array

Untuk mempermudah mari kita liat contoh program array dua dimensi pada gambar dibawah ini :

Contoh Program
Keterangan :

  • Lihat pada baris 6. Pada baris 6 adalah proses pendeklarasian serta peng-inisialisasi dimana tipe data yang digunakan pada array Data adalah int dengan jumlah baris 2 dan isinya adalah sejumlah 5.
  • Lihat pada baris 8 dan 10. Ini adalah proses pengulangan untuk melakukan looping pada output, dimana output yang akan di looping adalah data pada array tersebut.
  • Lihat pada baris 12. Ini adalah proses peng-aksesan " data[i][j]". kenapa pada akses di program ini berupa indexnya i dan j? dikarenakan disini adalah index yang akan di outputkan adalah perulangan. Bisa saja anda mengakses dengan metode index lainnya seperti cout<<data[0][3]; . dan ini akan menampilkan output 5.
Ini adalah output program diatas :

Output Program
Saya rasa ini saja, mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan. Karena saya masih pemula, jika ada yang kurang silahkan di comment. Thank's.

Comments