Install Cisco Packet Tracer 6.3 di Linux

Cisco - Siapa yang tidak tahu dengan Cisco kecuali anak lele, Cisco merupakan salah satu perusahaan dibidang Networking terbesar di dunia. Jadi pada kesempatan ini saya akan membahas tentang salah satu tools yang digunakan untuk simulator alat-alat jaringan Cisco yaitu Cisco Packet Tracer (CPT).

CPT merupakan simulator alat jaringan Cisco yang digunakan sebagai media pembelajaran dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. CPT dibuat oleh Cisco Systems yang disedikan gratis untuk berbagai pihak yang berpartisipasi dengan Cisco Networking Academy. Biasanya untuk Mahasiswa yang dapat mata kuliah jaringan sudah wajib mempelajari ini.  Packet Tracer biasanya digunakan siswa CCNA untuk sertifikasi. Dikarenakan batasan fiturnya, software ini hanya sebagai alat bantu tidak bisa untuk menggantikan Cisco Router and Switches.

Ditinjau dalam fungsi, tools ini dapat merancang sbuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata, dikarenakan kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan tools seperti ini bisa saja membutuhkan biaya yang mahal. Makanya cisco membuat tools ini agar dapat membantu belajar tanpa butuh biaya yang mahal.

Jadi pada kesempatan ini saya akan membagi tutorial untuk menginstall Cisco Packet Tracer di Linux yang berbasis debian.
  • Untuk menginstall Packet Tracer, download terlebih dahulu, untuk link downloadnya akan saya sertakan dikemudian hari. Atau untuk peserta CCNA bisa download di page Cisco.
  • Ekstrak file packet tracer anda.

  • Setelah itu kemudian install dan masuk direktori tempat anda menyimpan file ekstrak Packet Tracer anda melalui terminal.
  • Kemudian beri hak akses untuk file install dengan perintah sudo chmod +x install.
  • Kemudian eksekusi dan jalankan install untuk memulai install dengan perintah sudo ./install .
  • Pada saat memulai install akan keluar tampilan EULA. maka close saja dengan menekan tombol q dan lanjutkan install.
  • Saran saya sediakan koneksi untuk membiarkan packet tracer mendownload file-file yang dibutuhkan packet tracer. Selanjutnya pada proses install anda diminta untuk menentukan folder install, namun silahkan enter saja agar ditempatkan pada folder default yaitu pada direktori /opt/pt. 
  • Untuk selanjutnya silahkan yes dan enter saja dan silahkan tunggu sampai selesai.
  • Jika sudah selesai kemudian silahkan buka packet tracer anda, dengan cara mengetikkan packettracer pada terminal linux anda. Pada pertama kali anda diminta untuk login dan jika anda anggota CCNA silahkan login dengan akun anda di netscape Login, jika bukan silahkan login dengan Guest Login.
  • Jika sudah anda dapat melihat tampilan utama sperti gambar dibawah ini :

Sekian dari saya, begitulah kira-kira cara install Cisco Packet tracer saya. Untuk lebih jelas dapat anda lihat di channel Youtube saya. 




Berhubung saya baru belajar membuat video di youtube. Silahkan Comment, share dan Subscribe saya. Thank's.

Comments