Tutorial Pemrograman Java bagi Pemula



Menjadi seorang programmer itu bukan hal yang mudah dan bukan hal yang susah juga. Banyak orang yang ingin memulai tapi masih tidah tahu harus memulai dari mana dan kadang berpikir awalnya bagaimana agar bisa sebagai dasar. Jadi pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang bagaimana membuat program java menggunakan text editor dan console serta membedakan antara syntax errors dan runtime-errors. Ini merupakan hal yang dasar yang sangat penting bagi anda yang baru belajar tentang pemrograman Java atau Pemrograman Berorientasi Objek.

Sebenarnya dalam membuat sebuah program anda dappat juga menggunakan IDE. IDE adalah peralatan/tool dalam pemrograman yang diintegrasikan kedalam aplikasi software yang mendukung pengembangan GUI, text dan penulisan kode, compiler dan debugger. Namun pada kali ini sebagai dasar, ada baiknya menggunakan text editor saja atau menggunakan console/terminal jika anda menggunakan Linux. Jika anda pengguna Windows anda dapat menggunakan JCreator atau Notepad++. Namun disini saya cenderung menggunakan terminal console dan editor kesayangan saya yaitu SUBLIME TEXT 3 atau jika anda pengguna Linux anda juga dapat menggunakan editor default seperti gedit.

Membuat Program Java dengan Text Editor dan Console

1.Untuk memulai text editor di linux, klik pada Applications > Accessories > Text Editor



2.Setelah anda membuka text editor buatlah sebuah listing program java pada text editor, seperti pada gambar dibawah ini.

3. Setelah itu save dengan nama Hello.Java dan simpanlah pada direktori atau folder yang lebih mudah anda tuju menggunakan terminal.
Dan setelah di save warna huruf pada text editor akan menjadi berwarna seperti pada gambar dibawah ini :

4. Setelah itu langkah berikutnya adalah meng-compile program yang kita buat. Untuk meng-compile masuklah ke Terminal/Console. Jika anda menyimpan program tadi di Desktop jadi anda masuk ke direktori Desktop dari terminal menggunakan perintah seperti pada gambar dibawah ini:

5. Setelah anda masuk dan melihat bahwa program Hello.java dan langkah berikutnya adalah lakukan compile seperti cara pada gambar dibawah ini :


6.Setelah dicompile liatlah bahwa akan ada file baru dengan ekstensi class. Lihat Gambar di bawah :

Maksud diatas adalah selama peng-compilan, perintah javac menambahkan file kedalam disk yang disebut (namafile).class atau dalam hal ini Hello.class merupakan kode yang sebenarnya untuk dijalankan karena jika error file class tidak akan tercipta.


7. Setelah itu jalankan program seperti pada gambar dibawah ini :

Jelas pada gambar diatas setelah menggunakan perintah java hello maka akan keluar outout Hello World!

Dalam pemrograman apapun kita di tuntut akan adanya sebuah error dalam pembuatan program, dan sebagaimana seorang programmer harus tahu apa yang menyebabkan error. Dalam hal pemograman Java terdapat 2 Jenis error:

1. Syntax Error

Error ini biasanya terjadi karena kesalahan penulisan. Mungkin dikarenakan kekurangan sebuah perintah di Java atau lupa menyertakan semicolon pada akhir pernyataan atau statement. Namun pada java mencoba mengisolasikan error tersebut dengan cara menunjukkan baris dari kode yang terlebih dahulu menunjuk karakter yang salah dalam baris tersebut. Tapi bagaimanapun juga, error belum tentu berada pada titik yang ditunjuk.

Kesalahan umum lainnya adalah kapitalisasi, ejaan, penggunaan dari karakter khusus yang tidak benar, dan penghilangan dari pemberian tanda baca yang sebenarnya.

Mari kita lihat pada contoh dibawah dan kita ubah dengan menghilangkan semicolon pada akhir statement dan mencoba menambahkan sebuah ejaan yang salah atau simbol.


Dan kita lihat pada compile :


Jika anda menemukan banyak pesan error sebaiknya cobalah untuk mengoreksi kesalahan yang pertama dari daftar error atau yang paling atas dan kemudian compile lagi.

2. Run-Time Error
Run-time error merupakan error yang tidak akan ditampilkan sampai anda menjalankan program anda. Bahkan program yang dicompile akan sukses dapat menampilkan jawaban yang salah jika programmer belum berpikir sampai terstruktur dan proses yang logis dari program tersebut.

Jadi jika anda mungkin anda ingin bercita-cita menjadi seorang menjadi seorang programmer janganlah pernah ragu. Akan selalu ada tempat untuk menjawab semua pertanyaan anda. Sekian dari dari saya semoga bermanfaat. Thanks :D  



Comments