Cara Penulisan Kode Program Java

Pada posting kali ini saya akan menjelaskan bagian dasar dalam pemograman java yaitu dengan menggunakan program Hello.java seperti pada posting sebelumnya.

Disini yang menjadi dasar adalah cara menulis script atau petunjuk penulisan kode dalam program yang lebih efektif dan mudah dibaca. Jadi cara kita disini adalah dengan menganalisa program Hello.java
Lihat pada listing program diatas pada baris pertama adalah public class hello. Jadi pada java semua code seharusnya ditempatkan didalam deklarasi class, jadi anda harus ingat bahwa penulisan class adalah hal yang penting karena itu merupakan kata kunci. Dan tambahan bahwa class menggunakan akses khusus public, yang mengindikasikan bahwa class yang kita buat mempunyai akses bebas ke class lain dari package yang lain pula. Anda jangan bingung karena package disini adalah artinya kumpulan class-class. Untuk pembahasan tentang package dan akses khusus akan kita bahas pembahasan selanjutnya.

Pada Baris berikutnya yaitu terdiri dari kurung kerawal "{" mengindikasikan awal block. Pada kode ini kita menempatkan kurung kerawal pada baris selanjutnya setelah deklarasi class. Bagaimanapun, kita dapat juga meletakkan kurung kerawal setelah baris pertama dari kode yang kita tulis. Seperti pada gambar dibawah ini :

Tiga Baris selanjutnya adalah komentar dalam bahasa java. Anda yang pernah belajar pemograman dasar Bahasa C atau Bahasa Lain pasti sudah tahu apa itu Komentar. Bagi yang belum, komentar adalah sesuatu yang digunakan untuk mendokumentasikan setiap bagian dari kode yang ditulis. Komentar tidak akan dibaca oleh compiler. Biasanya para programmer menggunakan komentar untuk memudahkan dalam peng-indentifikasian atau sebagai petunjuk.


Pada Baris selanjutnya adalah mengidentifikasikan nama suatu method dalam class Hello yang bertindak sebagai method utama. Method utama merupakan titik awal dari suatu program java. Semua program kecuali applet yang ditulis dalam java dimulai dengan method utama. Anda harus ingat dan yakin untuk menulisnya seperti gambar diatas dikarenakan dalam pemograman kita dituntut mengikuti kaidah penulisan. 

Logikanya begini. Jika salah penulisan mesin atau program takkan mengerti. Jadi Program itu akan error. pada baris selanjutnya yaitu adalah komentar juga, berbeda sama komentar diatas kan ? tentang komentar dalam bahasa Java akan kita bahas pada posting berikutnya.

Baris selanjutnya berfungsi untuk menampilkan teks Hello world. Pada baris ini disebut statement. Jika pada bahasa c anda menggunakan printf(" "); sedangkan pada java ada sedikit perbedaan yang mungkin akan sedikit ribet. Yaa benar Bahasa Java agak sedikit ribet. Wajar saja programmer Java memiliki gaji yang lebih besar dari bahasa C. Tapi itu juga tergantung dimana dia bekerja kok.


Dan jangan lupa pada setiap ujung block jangan lupa tanda kurung kerawal penutup. Jika anda menggunakan editor yang bagus mungkin akan ada fitur autocomplete jadi akan membantu kinerja anda.

Sekian dari saya kali ini tentang bagaimana cara penulisan script dan penunjuk penulisan kode dalam bahasa java agar memudahkan mengerti dalam pemograman. Pada post berikutnya kita akan membahas tentang Komentar dan Statement pada bahasa Java. Terimakasih :D

Comments