Tips-tips untuk sukses Belajar Pemrograman

Dengan Semangat dalam hati pada posting kali ini saya akan membagi kan Tips-tips untuk sukses Belajar Pemrograman dan kemudian menjadi seorang programmer. Tapi, taukah programmer itu seperti apa ?

Programmer atau biasa disebut dengan pemrogram adalah seorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam membuat dan menyederhanakan suatu program. Dan programmer adalah seseorang yang mempunyai keahlian dibidang komputer dan seseorang yang mempunyai pekerjaan menulis dan merancang program-program menggunakan bahasa-bahasa pemograman komputer dan mereka adalah seorang atau sekolompok orang yang sudah sangat ahli di Bidang Komputer. Programmer juga bisa diartikan sebagai seorang yang dapat membuat suatu atau sebuah program dengan sangat bagus dan teratur karena para programmer membuat program di komputer untuk memajukan teknologi dan membuat dunia teknologi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Lantas apa kiat-kiat menjadi sukses dalam belajar pemograman agar dapat menjadi Programmer handal ?
Berikut Tips-tipsnya :

  •  Motivasi sebagai modal awal. Karena kalau motivasi untuk belajar itu besar, Selamat!. Anda adalah calon seorang programmer handal dan anda tinggal fokus untuk mengasah skill untuk belajar pemograman dengan mempunyai semangat motivasi yang selalu besar.
  • Jangan mudah menyerah. Karena belajar pemrograman tidak mudah. Butuh perjuangan besar serta pengalaman. Jangan mudah menyerah ketika banyak error yang muncul ketika membuat program.
  • Jangan sekali-kali menganggap pemrograman itu adalah sepenuhnya pelajaran "Hafalan". walaupun menghafal itu diperlukan untuk menghafal sintaks dan aturan penulisan dalam program. Namun secara prinsip, pemograman itu adalah pelajaran cara berfikit dan logika bagaimana menyelesaikan masalah.
  • Jangan menjadi tukang ketik. Maksudnya saat dosen memberikan contoh program di kelas atau saat praktikum, jangan hanya memandang saja setiap barisan koe program tersebut seperti angin lalu dan hanya anda pindahkan ke kertas atau komputer. Jika begitu, sama seperti menjadi tukang ketik. Tapi coba pahami setiap baris dan kode dan alur pemrograman yang dituliskan dosen anda. Jika sudah paham coba tulis program menurut versi sendiri ke komputer. Karena apabila ini dilakukan, maka secara tidak sadar anda telah melatih logika cara berfikir  anda dan belajar menuangkan logika berfikir anda ke dalam bentuk program.
  • Cari orang yang bisa mengajari anda untuk mendukung pembelajaran. Karena ketika menemui masalah dalam belajar anda bisa diajari oleh orang atau teman bahkan internet untuk memahami hal yang ditanyakan.
  • Jangan mengandalkan tatap muka dikelas. Karena materi pemrograman itu sangat luas. Apa saja yang diberikan dosen pada waktu kuliah itu sangatlah kecil cakupannya dibandingkan dengan keseluruhan ilmu pemrograman. Namun cobalah anda ber-eksplorasi sendiri segala hal tentang pemrograman. Ada banyak referensi di internet yang membahas tentang tips dn trik serta teknik dalam pemrograman.
  • Carilah komunitas yang fokus dalam pemrograman. Di internet terdapat banyak forum diskusi via web atau mailing list yang membahas tentang pemrograman. Dan ingat bahwa orang yang sering bergaul dengan penjual minyak wangi maka dia akan ikut menjadi wangi. Jadi bahwa dapat kita simpulkan bahwa dengan banyak-banyaklah bergaul dengan orang dalam komunitas yang sama-sama tertarik dalam pemrograman.
  • Sangat disarankan memiliki komputer sendiri. Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa untuk menguasai pemrograman butuh pengalaman dan jam terbang yang banyak dalam membuat program. Maka kalau tidak mempunyai kompute sendiri, bagaimana bisa anda menambah pengalaman anda? dan untuk belajar pemrograman tidak lah harus membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi kecuali untuk pemograman tingkat tinggi seperti Pemograman berbasis visual. Dan jangan mengandalkan jam praktikum di laboratorium karena di waktu penggunaanya sangat-sangat terbatas. Anggap saja ketika beli komputer adalah sebagai investasi jangka panjang. Karena yakinkan suatu saat modul untuk membeli sebuah komputer itu akan balik kembali, atau akan memberikan return of investment yang jauh lebih besar. 
  • Jangan hanya mengandalkan catatan atau modul yang diberikan oleh dosen. Karena isi modul yang diberikan oleh dosen itu rata-rata masih sedikit kontennya. Berusahalah mencari referensi sendiri yang berhubungan dengan pemograman.
  • Yang paling penting Harus selalu ingat kepada Yang Maha Kuasa. Cause Knowledge come from The Creator, semakin dekat dengan Sang Pencipta, semakin berguna hidup anda dalam belajar pemrograman.
  • Seorang Programmer harus bisa mengatur (memprogram) dirinya-Self Programming. Dalam hal ini maksudnya adalah kepribadian, contohnya: kapan waktu, makan, tidur, ibadah dan kapan waktu ngumpul - berarti tidak selalu ng-code dan harus memprogram waktu dengan sangat baik.
  • Seorang programmer harus bisa menjaga kesehatan. Karena logika tidak bisa berjalan tanpa logistik, jadi makanan pun harus diperhatikan dengan begitu otak bisa berfikir secara jernih dan cerdas, karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat juga kan ?
  • Jangan hanya fokus untuk menguntungkan diri sendiri. Programmer seperti itu adalah programmer yang egois, karena suatu saat ia harus sadar bahwa bakat yang dia gunakan haruslah berguna bagi orang lain.
  • Layaknya seorang ilmuwan, Programmer juga harus terus mencari permasalahan dalam suatu program dan mencari pemecahan atas masalah tersebut. 
  • Mulailah belajar pemograman dengan logika-logika dasar yang kuat. Seorang programmer harus selalu bisa mengatasi masalah dan memberikan solusi itu masih logic, kecuali yang sperti magic-magic lupakan saja. Contoh: memindah eifel ke pulau sabang.
  • Jangan takut untuk gagal. Setiap programmmer pasti pernah mengalami kesulitan dan mungkin mengalami kegagalan dalam menyelesaikan suatu project. Mungkin, begitulah jalan menuju kesuksesan. Yang secara tidak langsung tanpa anda sadari.
  • Luangkan waktu sejenak untuk merefresh otak, pikiran dan tenaga. Bukan hal umum jika programmer strees, karena terlalu memaksakan sistem kerja otak tanpa istirahan yang rutin.
  • Jangan takut untuk "Copy Paste". Karena bukan wajib bagi seorang programmer menulis dengan coding manual. Karena berguna untuk mempersingkat waktu,seorang programmer dituntut untuk mengembangkan kreatifitas. Dan banyak  dan bahkan hampir setiap programmer menggunakan berbagai macam template.
  • Tapi, Jangan hanya asal copy  paste. Rata-raa orang yang asal copy paste itu tidak berusaha memahami apa yang dia copy. Jadi coba pahami dulu program yang diperoleh terutama algoritmanya, kalau biisa tulis kembali program tersebut menjadi versi anda(Revisi).
  • Jangan lupa mengamalkannya. Karena ilmu tidak diamalkan bagaikan pohon tak berbuah, jadi berbagilah dan takkan habis walaupun ke sejuta ummat bahkan dengan begitu ilmu derajat kita akan terangkat.

Comments