Simulator Assembly MIDE-51 Simulator

Pada posting kali ini saya akan memperkenalkan sebuah software namanya adalah simulator M-IDE Simulator MCS 51.Sebelum menggunakan Simulator Assembler, tahu tidak apa itu Simulator Assembler ?

Simulator Assembler adalah salah satu software yang digunakan untuk membuata program microprocessor. Selain digunakan untuk membuat program, software ini juga berfungsi sebagai simulator dari suatu microprocessor yang digunakan untuk melihat perubahan-perubahan nilai pada register-register, internal dan external memori data serta status yang ada pada mikroprocessor.

Jadi, Software MIDE-51 ini telah dilengkapi dengan compiler untuk bahasa pemograman Assembler dan C. Compiler yang digunakan untuk assembler pada program ini adalah asem51 sedangkan untuk bahasa C menggunakan compiler SDCC yaitu compiler buatan Sandeep Duta.



Selain itu juga terdapat simulator yang berfungsi untuk melihat hasil pembuatan program yaitu TS Control Simulator 51 dan JSIM with 8051. Akan tetapi pada MIDE-51 juga telah dilengkapi dengan Fasilitas untuk link ke program-program downloader MCS51. Dengan Fasilitas yang terdapat dalam MIDE-51 ini, sudah cukup untuk melakukan experimen dengan pemograman Microcontroller.



Software ini dapat teman-teman download situs www.opcube.com, kapasitas software ini hanya sekitar 5mb.

Jadi bagi yang ingin belajar Bahasa Assembly atau mikrokontroler dengan mudah silahkan teman-teman download di situs yang saya kasih di atas. Untuk cara menggunakannya tunggu pada posting berikutnya.

Comments