Konsep Dasar Web Programming

Pada bagian ini kita akan memulai mengenal tentang Web Programming, tapi sebelumnya ada baik nya kita mulai dari konsep-konsep dasar dalam web.

1. Konsep Dasar Web 

Sebelumnya anda pasti pernah mendengar kata Web atau WWW. WWW adalah singkatan dari World Wide Web, yaitu suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna untuk di indentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI).

URI dibagi menjadi URL dan URN


Uniform Resource Identifier (URI), yaitu terdiri atas string karakter yang digunakan untuk identifikasi atau memberi nama suatu sumber / Source di internet. Jadi fungsinya adalah untuk memungkinkan interaksi dengan representasi dari resource melalui jaringan dengan menggunakan protokol tertentu seperti HTTP.


Hypertext Transfer Protocol (HTTP), yaitu salah satu protokol yang digunakan untuk melakukan transfer dokumen dalam WWW. Protokol ini adalah protokol yang ringan yang tidak berstatus dan generik / umum yang dapat digunakan berbagai macam tipe dokumen. 

Selain istilah dalam web diatas, ada juga istilah Web Agent yaitu orang atau perangkat lunak yang menambil peran dalam Web/Ruang Informasi.Jadi Web Agent itu ada dua :
  • User Agent : Users
  • Software Agent :  Servers, Proxies, spiders, browsers, dan multimedia players. 
 2. Perangkat Lunak Web Server

Sebelumnnya saya sudah memberi tahu istilah dari dasar-dasar web dimana terdapat Software Agent, jadi salah satunya adalah Server.

Web Servers adalah sebuah perangkat lunak servers yang berfungsi menerima permintaan dari HTTP/HTTPS  dari Client yang dikenal dengan web browser dan kemudian dikirim kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berbentuk HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah :
  • Apache, Web server antar platform
  • XAMPP
  • Nginx
  • PHPTriad
  • Apache2Triad
  • Internet Information Service (IIS), hanya dapat berjalan di sistem operasi MS Windows.
Jadi itulah dasar-dasar yang harus diketahui kurang lebih untuk memulai Web Programming. Pada Post selanjutnya kita coba mulai untuk mengerti tentang Web Programming dengan HTML.

Comments